Pentingnya Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita semua memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah dengan mengucap syukur "Alhamdulillah" karena dengan raahmat beserta hidayahNya lah, kita semua masih bisa berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Tak lupa sholawat serta salam selalu kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung, Nabi Besar Rasulullah Muhammad saw. karena berkat tuntunan dari beliau lah kita dibawa dari zaman kegelapan kepada zaman yang terang benderang ini. dan semoga kita semua yang hadir pada majlis ini termasuk kepada golongan yang mendapatkan syafaat dari beliau pada hari akhirat kelak.. aminnn...

Hadirin, jamaah yang kami hormati..

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh rahmat dan maghfiroh dari Allah. Pada bulan ini Allah juga mengobral pahalanya kepada kita semua yang mau menjalankan segala perintahnya. salah satu contohnya adalah dengan kita menghadiri majlis ilmu semacam ini. Di dalam majlis ilmu ini, tentunya akan memperluas dan memperdalam wawasan kita tentang agama Islam. Sebagai mana dalam agama Islam sendiri juga mengajarkan akan pentingnya untuk menuntut dan mencari ilmu, seperti firman Allah dalam surat Al-Mujadilah ayat 11:

يَآيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْآ اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجَلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَتٍ وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ـ المجادلة

 Artinya : 
Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis.” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu.” maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu, dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. al-Mujadilah: 11).

Hadirin, jamaah yang kami muliakan..

Pada firman Alloh di atas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa pentingnya ilmu dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Ayat di atas juga menjelaskan bahwa Allah akan meninggikan derajat kaum muslimin yang memiliki kemauan yang tinggi untuk terus memerus memperkaya khazanah keilmuannya. dari hal itu kita dapat mengetahui betapa mulianya orang yang berilmu di hadapan Allah. 

Dari penjelasan ayat diatas dapat kita ambil suatu pelajaran bahwa betapa pentingnya ilmu dalam kehidupan beragama. Karena kualitas ibadah kita pun akan lebih tinggi di mata Allah jika ibadah itu dilandasi dengan ilmu agama yang baik. Dari hal ini kemudian saya teringat akan sebuah pepatah seorang tokoh terkenal yaitu Albert Einstein yang dalam hidupnya pernah berkata "Ilmu Tanpa Agama Pincang, Agama Tanpa Ilmu Buta". Pernyataan ini pun semakin menegaskan kalau ilmu itu tidak dapat dipisahkan dari segala sendi kehidupan ini. karena segala macam hal tersebut jika dikerjakan dengan menggunakan ilmu tentunya akan memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada jika dikerjakan dengan asal-asalan.  

Hadirin, jamaah yang dirakhmati Allah..

Tentunya hal diatas bukan merupakan satu-satu keutamaan yang diberikan Allah kepada orang yang berilmu. melainkan masih banyak keutamaan-keutamaan yang diantaranya sebagai berikut: 
1. “Sebaik-baik umatku adalah ulama dan sebaik-baik ulama adalah yang berkasih sayang. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah akan mengampuni orang alim sebanyak 40 dosa dan setelah itu Allah mengampuni 1 dosa orang bodoh.”
2. “Dan ingatlah orang alim yang rahim (kasih sayang) akan datang pada hari kiamat dengan bercahaya dan akan menerangi antara barat dan timur seperti terangnya bulan purnama.”
3. “Allah akan tetap menolong hamba-Nya selama hamba-Nya mau menolong saudaranya. Dan barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu pasti Allah memudahkan baginya jalan untuk ke syurga. Dan apabila berkumpul suatu kaum di suatu rumah dari rumah-rumah Allah (mesjid) dengan membaca Al-Qur`an dan mempelajarinya sesama mereka maka niscaya turun atas mereka ketentraman dan mereka diliputi rahmat dan dikelilingi para malaikat dan Allah menyebutnya dalam golongan yang adapada-Nya. Dan barangsiapa yang lambat amalnya maka tidak akan dipercepat diangkat derajatnya.”
4. “Barangsiapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga”(HR. Muslim).
5. “Barangsiapa memberikan petunjuk kebaikan maka baginya akan mendapatkan ganjaran seperti ganjaran yang diterima oleh orang yang mengikutinya dan tidak berkurang sedikit pun hal itu dari ganjaran orang tersebut.” (HR. Muslim).

6. “Jika anak Adam telah meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali 3 hal:1) Ilmu yang bermanfaat2) Sedekah jariyah3) Anak Shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim).
7. “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah untuk diberi kebaikan maka orang itu lalu memperdalam agama Islam” (HR. Bukhari-Muslim).

Hadirin, jamaah yang dirahmati Allah..
Akhirnya tibalah kita di akhir majlis. kesimpulan yang bisa kita ambil dari pemaparan kami diatas adalah betapa pentingya suatu ilmu di dalam kita menjalani kehidupan ini... semoga kita semua selalu diberi kemauan yang keras untuk terus menerus memeperdalam ilmu agama kita, agar kita tidak tersesat di dunia maupun akhirat.

Wassalamualaikum.. wr. wb.

Related Posts:

1 Response to "Pentingnya Menuntut Ilmu"