Resensi 6 Jam Pandai Bahasa Arab


Description: DSC02360.JPGIdentitas buku
Judul buku                   : 6 Jam Pandai Bahasa Arab
Penulis                         : Dr. H. Ahmad Faiz Ahmad, Lc.M.Ag
Penerbit                      : Pustaka Balqis
Tahun terbit                : cetakan I, Agustus 2010
Tebal                           : 166 halaman
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa penting dan bahasa yang populer di dunia ini, hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari penduduk di bumi ini yang mayoritas beragama islam dan pada setiap tahunnya menunjukkan gejala peningkatan. Selain bahasa yang populer bahasa arab juga memiliki fungsi yang sangat penting di ranah kehidupan masyarakat muslim karena digunakan untuk mengkaji islam secara lebih mendalam.
Kenapa dikatakan mendalam?, karena bahasa arab merupakan bahasa yang digunakan dalam al-quran,al-hadist,dan pemikiran ulama-ulama terdahulu. oleh sebab itu setiap orang yang mau belajar lebih mendalam tentang agama islam paling tidak sedikit menguasai ilmu bahasa arab. 
Dilatarbelakangi hal tersebut penulis yang bernama ahmad fariz ahmad kemudian menerbitkan sebuah buku yang berjudul 6 jam Pandai Bahasa Arab, bertujuan untuk bisa membantu kita dalam memahami apa itu bahasa arab. Materi yang disajikan di dalam buku ini yaitu tentang ilmu nahwu dan ilmu sharaf. Dimana didalam pembahasannya dimulai dari materi yang sekiranya ringan hingga berlanjut ke materi yang tingkatannya bisa dikatakan lebih sulit.
Untuk menunjang para pembaca dalam memahami buku ini penulis memberikan sebuah latihan pada setiap akhir pembelajaran dari setiap bab yang dibahas. Tidak lupa juga didalam buku ini jaga disertai dengan sebuah poster, yang dsimana isinya sangat berkaitan erat dengan materi yang dibahas di buku ini. Buku ini juga dilengkapi mukhtasar nasha’ih al-‘ibad yang berguna untuk latihan awal memahami teks arab

Kelebihan buku:
Buku ini bisa dibilang sudah cukup layak untuk digunakan oleh berbagai kalangan karena materi yang dibahas dalam buku ini sudah cukup lengkap dan dalam pembahasannyapun juga sudah dilengkapi dengan contoh penggunaan bahasa yang tentu saja itu bisa mempermudah kita dalam memahami setiap bab yang disajikan.
Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan poster yang berisi sebuah peta konsep dimana peta konsep tersebut juga menggambarkan materi yang sudah disajikan dalam buku ini. Tentu saja dengan dilengkapi dengan sebuah peta konsep tersebut bisa lebih memudahkan kita tentang urut-urutan dalam pembahasannya.
Ketiga, didalam buku ini pada setiap sub babnya juga diakhiri dengan sebuah evaluasi yang berupa beberapa buah soal, dimana soal-soal tersebut diambil dari sub bab yang baru saja dibahas. Dengan mengisi soal-soal yang diampilkan selain bissa mengistirahatkan otak sebelum ke materi yang selanjutnya, pembaca juga bisa me-refresh dan memantapkan ingatannya terhadap materi yang telah diserap pada bab tertentu yang sedang dibahas.
Kekurangan buku:
Pada setiap kelebihan pasti juga terdapat kekurangan, buku ini pun juga tidak begitu sempurna karena masih juga menyisakan kekurangan. dan kekurangan yang bisa saya identifikasi yaitu pembahasan materinya masih terlalu singkat, dapat diartikan bahwa buku ini dalam membahas materinya masih kurang mendetail.
Penggunaan istilah dalam bahasa arab juga kami soroti, karena dalam pemberian definisi terhadap istilah itu jaga masih terlalu umum  dan bisa dikatakan kata-kata itu kurang dijabarkan secara mendalam.
Walaupun sudah dilengkapi dengan daftar kosa kata, namun menurut saya daftar kosa kata yang diberikan masih terlampau sedikit, kalau bisa dalam pemberian daftar kosa kata bisa lebih banyak, karena dengan pemberian daftar kosa kata yang lebih banyak akan lebih membantu pembaca dalam memahami isi dari buku ini.

Related Posts:

0 Response to "Resensi 6 Jam Pandai Bahasa Arab"

Posting Komentar