Keutamaan Malam Lailatul Qodr

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita pergunakan untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt, yakni dengan menambah ketaatan kita dalm melaksanakan perintah-perintahNya, baik itu perintah yang wajib maupun yang sunnah, dan menjauhi segala bentuk larangan-larangNya. Selain itu kita harus terusberusaha untuk meningkatkan kualitas dari ibadah yang kita kerjakan, sehingga apa yang kita lakukan sesuai dengan syariat yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad saw.

Hadirin jamaah sholat subuh yang dirakhmati Allah.
            Ramadhan adalah bulan yang paling mulia diantara bulan-bulan yang lain. Hal itu dikarenakan bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan maghfiroh dan pembebasan dari api neraka. Bahkan pad bulan ini ada satu malam yang teramat istimewa yang lebih dikenal dengan malam lailatul qodar. Yaitu malam istimewa yang nilai keutamaannya lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu Allah memberikan peluang emas kepada umat nabi Muhammad untuk meningkatkan kualitas dan kemuliaan dirinya disisi-Nya. Barang siapa yang melakukan suatu kebajikan, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya sebagaimana melaksanakannya seribu bulan. Untuk itu, kesempatan yang mulia ini hendaknya kita pergunakan sebaik-baiknya, dan sangat merugi kiranya jika kita sia-siakan kesempatan itu berlalu begitu saja.
            Mengenai malam lailatul qodar itu, Allah swt berfirman dalam surat Al-Qadar yang artinya: “Sesungguhnya kami telah menurunkannya Al-Quran pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malm itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qodr:1-5)
            Sebagian ulama ada yang menyatakan bahwa barabg siapa yang mengajarkan amal kebaikan di malam lailatil qodar, maka pahala yang diterimanya memiliki bobot nilai lebih baik dari seribu bulan daripada amal itu dilakukan di luar bulan Ramadhan.
            Mengenai kapan terjadinya peristiwa malam lailatul qodar secara pasti di bulan Ramadhan itu, tidak ada dalil yang menerangkannya kapan pastinya peristiwa itu terjadi. Tetapi memperhatikan Rasulullah saw. disepuluh hari terakhir bulan ramadhan belau begitu tekun meningkatkan ibadahnya, maka boleh jadi malam yang mulia itu terjadi pada malam sepuluh hari terakhir bulan ramadhan.
            Kapan terjadinya malam lailatul qadar itu di bulan ramadhan namun untuk secara pastinya hal itu memang dirahasiakan oleh Allah swt. Agar umat islam berusaha untuk mendapatkannya dengan mengisi semua malam Ramadhan dengan beribadah dan memperbnyak amal shaleh. Karenanya, yang beruntung adalah mereka yang setiap malam bulan Ramadhan memperbnyak ibadah dan melakukan amal saleh. Sebab merekalah yang berpeluang besar mendapatkan malam lailatul qadar yang dinilainya lebih baik dari seribu bulan.

Hadirin jamaah sholat shubuh yang dirakhmati Allah
            Akhirnya, demikianlah yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, sekali lagi saya mengajak kepada para jamaah untuk mengambil manfaat dari kesempatan emas ini. Semoga kita dapat menemukan malam seribu bulan yang diproritaskan hanya kepada umat Muhammad saw. jangan sampai kita sia-siakan kesempatan yang mulia ini, mumpung kali ini masih berada pada bulan Ramadhan. Semoga Allah senantiasa merahmati dan meridhoi kita semua.AminnN. cukup sekian bila ada kurangnya saya mohon maaf.......

Related Posts:

0 Response to "Keutamaan Malam Lailatul Qodr"

Posting Komentar